Minggu, 25 Desember 2016

Inilah Beberapa Alasan Bule Suka Makanan Indonesia






Pernahkah kamu mendengar seorang bule mengatakan kalau dia suka nasi goreng, sate, atau bakso?
Sudah bukan berita baru lagi kalau banyak turis asing yang menyukai makanan Indonesia seperti nasi goreng, bakso, sate, atau soto. Makanan-makanan tersebut memang sangat umum dijumpai di negara kita dan mudah sekali mendapatkannya. Warung tenda pinggir jalan, restoran dalam mal hingga hotel bintang lima sering memasukkan makanan tersebut dalam menu sehari-harinya.
Lalu, apa sih yang membuat para bule menyukai makanan-makanan Indonesia tersebut? Berikut penjelasannya.


1. Makanan Indonesia terkenal dengan bumbunya yang kaya
. Bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai, lada, garam, dan cabai selalu ada dalam masakan Indonesia. Semua bumbu ini jika dipadukan akan menimbulkan rasa gurih yang khas dan sempurna. Kebanyakan bule menikmati makanan dengan bumbu ala kadarnya di negara asalnya. Itulah mengapa mereka senang makan nasi goreng, mi goreng, soto, bakso, rendang, dan makanan khas kaya bumbu lainnya.


2. Makanan tersebut praktis disantap. Sebagian besar bangsa barat terkenal dengan budaya berpikirnya yang cepat dan disiplin yang tinggi. Mereka sangat menghargai waktu. Sampai untuk urusan makan saja, seringkali mereka mengambil waktu tersingkat supaya bisa segera mengerjakan pekerjaan lainnya. Makanan Indonesia seperti sate, martabak, atau tahu tempe sangat praktis disantap. Bila boleh disamakan sedikit, makanan-makanan tersebut mirip makanan cepat saji di negara asal mereka yang bisa dimakan sambil jalan menuju halte atau saat berkendara. Meskipun agak sedikit repot ya makan sate sambil jalan.


3. Kuncian pedas makanan Indonesia berbeda dengan makanan negara asal para bule

Sambal pedas menjadi ciri khas beragam makanan di Indonesia. Mau makanan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Manado, Sulawesi, Aceh, atau Kalimantan, memiliki setelah pedas yang berbeda-beda. Semua setelah atau kuncian pedas makanan tersebut tentu sangat berbeda dengan makanan negara asal mereka. Racikan bumbu yang khas membuat sambal menjadi daya tarik bagi para bule saat mencicipi makanan Indonesia. Tidak heran jika nasi goreng pedas, mi goreng pedas, bakso, atau sate dengan sambal banyak diminati oleh mereka.


4. Makanan Indonesia yang mirip dengan makanan negara asal


Menemukan makanan yang mirip dengan makanan di negara sendiri bisa menimbulkan perasaan bahagia tersendiri. Banyak turis yang menyukai sejumlah makanan tertentu karena kemiripannya dengan makanan dari negara asalnya. Sebut saja gado-gado yang mirip dengan salad atau cilok yang mirip dengan topokki dari Korea Selatan.


5. Banyak makanan Indonesia yang unik
Makanan seperti rawon dengan kuah hitamnya sering disangka turis menggunakan tinta cumi. Padahal warna hitam rawon didapat dari bumbu rempah kluwek. Atau papeda yang terbuat dari sagu dan cukup unik cara menikmatinya. Belum lagi masakan Padang atau masakan Sunda yang disantap dengan menggunakan tangan kosong. Bagi sebagian besar orang Barat, makan tanpa alat-alat makan seperti garpu, sendok, pisau, dan sumpit tentu tidak biasa.

Wah, ternyata sesederhana itu orang bule menyukai makanan kita ya?
Disarikan dari berbagai sumber n observe kecil-kecilan^^

5 komentar:

  1. Waktu ke Malaysia sumpah jalan 3 hari aku kemudian kangen masakan Indonesia yg banyak variasinya. Indonesia kulinernya juaraaaa

    BalasHapus
  2. wuidiiih seru banget tuh, bunda naqib...

    iyaa huum banget, makanan kite bikin kangen yaa bun...

    ah aku mau mampir ke blog mu ah...

    thanks bun dah mampir dimari

    BalasHapus
  3. Aku cinta banget makanan Indonesia mbaa.. klo yg foto ketiga apa ya mba.. kayaknya Tahu hihi.
    Bingung pilih yg mana

    BalasHapus