Selasa, 12 Maret 2019

Jalan Masih Panjang Dan Kadang Tak Semulus Jalan Beraspal Ini






Bismillah.

Beberapa waktu lalu, aku sempat upload foto ini di IG @ukhaerani. Tak lupa kukasih caption ...

Jalan masih panjang. Kadang jalan yang ditemui bukan jalan mulus beraspal seperti ini. Melainkan jalan berlubang dan banyak kerikil. Kerikil-kerikil itu sering terselip di sol sepatu kita dan menyulitkan langkah kaki kita. Kalau kau lelah di jalan berlubang dan berkerikil itu, istirahatlah sejenak di pinggir jalan. Sambil minum es cincau atau es cendol mungkin. Kalau sudah siap, kau bisa lanjutkan lagi perjalanan.

Lalu, ada yang kasih komentar menanyakan dimana tempat kuambil foto itu. Karena sangat bagus dan nyaman kelihatannya tempatnya. Kujawab aja santai kalau tempat ini dekat rumah. Dulu jalan yang sering aku lewati kalau mau mengajar ke salah satu learning center di kotaku. Sekarang tempat ini kulewati saat jalan-jalan santai sore atau pagi hari. Dan lebih sering lagi kalau mau ke minimarket pada malam hari seusai salat maghrib.

Setiap melihat foto yang kujepret sekitar 3 tahun lalu itu, kok aku jadi teringat lagunya Kang Aden Edcoustic yah...judulnya 'Jalan Masih Panjang'...dulu kenal lagu itu dari Facebook. Cukup banyak yang share video lagu itu. Apalagi setelah meninggalnya Kang Aden.

Liriknya tuh kalau diresapi dalam sekali...

Ohho...jalan masih panjang, usah berputus asa...
Jalan hidup...takkan pernah lurus, pasti ada salah...
Tapi Tuhan...tak pernah berhenti membuka jendela jalan hidup kita...

Seketika terjalari semangat saat mendengarnya. Terlebih jika sedang galau gundah gulana menunggu jawaban dari partner kerja di tengah deadline yang semakin mendekat. Atau ketika habis mendapat penolakan dari satu atau dua penerbit atau PH. Well, jalan memang masih panjang sih. Aku yakin itu. Karena aku sering mengalami momen dimana kata-kata 'jalan masih panjang...' menjadi penghiburan tersendiri bagiku pribadi...

Sekarang yuk, live your live today...seterjal apapun jalan yang kau temui, percayalah di ujung jalan nanti kau kan tersenyum manja...sambil menikmati sebotol air putih segar dan semangkuk bakso di kedai pinggir jalan...


-Ulf-
12 Maret 2019
Hujan jelang deadline... 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar